Senin, 31 Desember 2018

Selain Kontraksi, Kenali 5 Tanda Mau Melahirkan Ini

Menunggu kelahiran calon buah hati itu memang mendebarkan. Terlebih, bila anak tersebut adalah anak yang Anda nanti-nantikan sejak lama. Nah, untuk calon orang tua, Anda harus mengenali tanda mau melahirkan agar Anda bisa mempersiapkan semua dengan lebih maksimal. Selain kontraksi yang makin kuat, apa saja Tanda mau melahirkan yang lain?

1. Sulit untuk Tidur
Tanda pertama yang akan Anda alami ketika akan melahirkan adalah kesulitan untuk tidur. Biasanya, keadaan ini bisa berlangsung berhari-hari sebelum waktu melahirkan akan tiba. Sebenarnya, ini adlaah kontraksi halus yang menandakan bahwa Anda akan segera melahirkan. Ketika saat ini terjadi, biasanya perut Anda juga akan semakin mengeras.

2. Timbul Flek Darah dan Lendir
Tanda pasti yang jadi penentu apakah Anda akan melahirkan atau tidak adalah munculnya flek darah dan lendir. Ini sebenarnya adalah tanda pembukaan leher rahim sehingga Anda tak perlu takut hal ini terjadi. Biasanya, lendir dan darah yang keluar akan semakin banyak seiringi dengan melebarnya pembukaan leher rahim.

Pembukaan leher rahim ini biasanya membutuhkan waktu yang lama hingga mencapai pembukaan yang maksimal. Rata-rata, butuh waktu sekitar 10 hingga 14 jam sejak pembukaan pertama hingga Anda bisa melahirkan. Namun, bila Anda sudah pernah melahirkan sebelumnya, biasanya pembukaan ini akan berlangsung lebih singkat.

3. Air Ketuban Pecah
Tentu saja, tanda akan melahirkan lain yang sudah pasti adalah pecahnya air ketuban. Air ketuban ini adalah cairan amnion yang berfungsi untuk membantu proses kelahiran si kecil nanti. Ia memiliki fungsi utama untuk melancarkan jalan lahir si kecil. Pecahnya ketuban ini sendiri biasanya disebabkan oleh kontraksi yang makin menguat.

Hanya saja, kadang ada ketuban yang pecah sebelum tanda mau melahirkan yang lain ada. Kalau ini terjadi, Anda harus waspada. Sebab, ketuban juga bisa pecah karena hal lain dan bila ini terjadi, bisa meningkatkan risiko infeksi pada si kecil di dalam kandungan. Oleh sebab itu sangat disarankan untuk memeriksanya sebelum melahirkan atau bila ada rembesan.

4. Sering Buang Air Kecil
Sering buang air kecil juga bisa menjadi tanda bahwa Anda akan melahirkan. Seiring dengan penurunan si kecil ke dalam rongga panggul si ibu, maka posisi si kecil akan makin menekan kandung kemih Anda. Hal inilah yang akan menjadikan Anda lebih sering bolak-balik kamar mandi untuk buang air kecil dan frekuensinya jauh lebih banyak dari biasanya.

5. Nyeri Daerah Perut, Pinggang dan Selangkangan
Lalu, ciri lain yang menandakan bahwa Anda akan segera melahirkan adalah nyeri di bagian perut, pinggang dan juga selangkangan yang rasanya seperti Anda akan mengalami masa pramenstruasi. Akan tetapi, rasa yang didapat saat itu jauh lebih menyakitkan dibandingkan ketika pramenstruasi.
Rasa sakit yang muncul di bagian pinggang dan punggung biasanya diakibatkan oleh pergerakan si kecil di dalam rahim yang menekan tulang punggung bagian bawah Anda. Tenang saja, hal ini adalah wajar. Ketika hal ini terjadi, Anda harus bersiap untuk melahirkan. Segera mungkin pergilah ke dokter kandungan ketika tanda ini muncul.

Nah, ketika tanda mau melahirkan di atas muncul, ada baiknya Anda segera bersiap pergi ke dokter kandungan atau ke bidan untuk mempersiapkan semuanya. Jangan tunggu nanti-nanti karena Anda tak tahu kapan si kecil akan lahir. Bila Anda butuh info lain seputar ibu hamil dan anak, Anda bisa cek di parentingclub.co.id saja untuk berbagai info bermanfaat!