Selasa, 05 Maret 2019

Cara Pesan Tiket Kereta Api Rombongan

Bepergian menggunakan kereta api memang sangat seru dan menyenangkan karena selain cepat dan nyaman, harga tiket kereta api juga tergolong murah bila dibandingkan dengan trasportasi lainnya. Bahkan bagi anda yang ingin bepergian mengajak rombongan maka bisa dengan mudah membeli tiket kereta api tersebut. Bahkan saat booking tiket kereta untuk rombongan, pihak PT KAI akan memberikan diskon khusus berupa potongan harga yang membuat harga tiket lebih hemat. Namun pastikan anda memahami ketentuan dan prosedur pemesanan tiket kereta untuk rombongan agar proses pemesanan tiket berjalan lancar dan tidak ada anggota rombongan yang kehabisan tiket.

Ketentuan dan Cara Pemesanan Tiket Rombongan
Seperti yang telah diketahui bahwa pemesanan tiket kereta api saat ini tidak hanya bisa dilakukan di loket tiket yang ada di stasiun melainkan juga bisa menggunakan layanan pemesanan secara online. Namun untuk pemesanan online biasanya hanya bisa dilakukan untuk pemesanan penumpang tunggal atau beberapa orang saja. Sedangkan bila anda ingin memesan untuk rombongan maka anda harus datang ke kantor Daerah Operasional (DAOP) PT KAI. Sebab ada beberapa ketentuan yang harus anda penuhi supaya pemesanan tiket kereta tersebut berjalan lancar dan semua anggota rombongan bisa memperoleh tiketnya. Pemesanan bisa dilakukan pada hari dan jam kerja karena pemesanan pada hari libur tidak dilayani.

Bagi anda yang berencana ingin booking tiket kereta untuk rombongan maka perlu memperhatikan beberapa ketentuan penting. Dimana untuk tiket kereta rombongan jumlah peserta yang termasuk dalam rombongan tersebut minimal 20 orang. Pihak PT KAI akan melayani pemesanan tiket rombongan selama kapasitas tempat duduk masih tersedia sesuai dengan jumlah anggota rombongan. Untuk sistem pembayaran tiket dilakukan dengan membayar uang muka sebesar 25% Dari total pembayaran yang sudah disepakati atau sesuai kebijakan yang ditetapkan oleh pihak PT KAI. Untuk pelunasan sisa pembayaran dilakukan 10 hari sebelum tanggal keberangkatan. Nantinya tiket kereta rombongan yang sudah dipesan tidak dapat dibatalkan atau ditunda sehingga pastikan jadwal keberangkatan benar-benar sudah pasti.

Selanjutnya yang tak kalah penting untuk dipersiapkan yaitu data identitas dari anggota rombongan dengan menggunakan KTP atau SIM. Selanjutnya data rombongan tersebut akan lebih baik jika dibuat dalam bentuk excel. Lakukan pengisian formulir pendaftaran yang berisi nama lengkap, nomor telepon, email, nama rombongan, jumlah rombongan serta tanggal dan waktu keberangkatan. Tulis pula asal dan tujuan keberangkatan serta nama kereta yang akan digunakan untuk rombongan. Pada saat pemesanan tiket kereta rombongan ini, pemesanan tiket tidak harus untuk pulang pergi. Pastikan setiap anggota rombongan memiliki KTP atau SIM karena nantinya KTP atau SIM tersebut akan digunakan saat boarding pass.

Pemesanan tiket rombongan bisa dilakukan secara perwakilan sehingga tidak semua anggota rombongan harus ikut saat pemesanan tiket. Cukup dengan memberikan kartu identitas asli atau fotokopi untuk pengajuan pembelian tiket serta data-data lainnya maka proses pembelian tiket kereta rombongan sudah bisa dilakukan. Untuk pembayarannya dilakukan langsung ke loket pemesanan tiket. Selanjutnya pihak loket akan memberikan tiket yang dicetak untuk masing-masing penumpang dalam anggota rombongan tersebut setelah pembayaran dilunasi. Dengan begitu nantinya tiket bisa digunakan sesuai dengan tanggal pemberangkatan.

Itulah tadi penjelasan mengenai cara memesan tiket kereta api rombongan yang bisa menjadi pengetahuan tambahan untuk anda. Penjelasan di atas tentu sangat memudahkan anda yang ingin booking tiket kereta untuk rombongan sehingga proses pemesanan tiket bisa berjalan lancar dan sukses.